Hello semua. pada post ini saya akan menjelaskan lebih detail tentang point point pengaturan vropt yang sering saya ubah dalam merender. disini saya menjelaskan dari apa yang saya mengerti. mungkin masih ada yang salah dan belum sempurna saya minta kritik dan sarannya demi kemajuan dunia rendering di Indonesia.
Hello all. in this post I will explain in more detail about the points into vropt arrangements that I often change the render . here I explain from what I understand . there may still be wrong and I 'm not perfect criticism and suggestions for the betterment of the world rendering in Indonesia
1. GLOBAL SWITCH
Disini saya mengaktifkan opsi Default Lights yang berfungsi untuk memunculkan cahaya dari sinar buatan seperti omni light, rectangle light Dll
Here I turn on the option Default Lights that serves to bring light from artificial light such as omni light , light rectangle Etc
2. SYSTEM
a. Max Tree Depth Yang saya ketahui adalah semakin besar nilainya maka render akan semakin cepat dan akan semakin banyak mengambil memory. dan semakin kecil angkanya akan semakin lama dalam merender tapi pemakaian memory akan lebih sedikit.
Max Tree Depth All I know is , the greater its value will render more quickly and will more and more take the memory . and the smaller the number the longer the rendering but will use less memory
b. Render Region Division Ini untuk mengatur berapa besar dimensi dari kotak kotak yang digunakan untuk merender angka standartnya berkisar 32 maka saya naikan menjadi 60 menurut saya jika semakin besar maka akan semakin cepat dalam merendernya. Tapi ini hanya pendapat pribadi saja karena semakin besar kotaknya CPU juga akan semakin lama berpikirnya. dan jika kotaknya kecil cpu akan lebih cepat memproses tapi lebih banyak memprosesnya.
Render Region Division This is to regulate how much the dimensions of a grid that is used to render the figures standartnya then I Rev range 32 to 60 in my opinion if the greater the faster the renders . But this is just a personal opinion only because the larger the CPU box will also be the longer of thinking. and if the small box cpu will be faster processing but more to process it .
c. Dynamic Memori Limit. menurut yang saya pahami ini adalah batasan maksimal memory yang bisa digunakan vray dalam merender. defaultnya adalah 0 . berarti jika angka 0 maka vray menyesuaikan pengaturanya sendiri. untuk lebihjelasnya bisa di cek di link ini http://help.chaosgroup.com/vray/help/200R1/render_params_system.htm
Dynamic Memory Limit. according to what I understand this is the maximum amount of memory that can be used in rendering vray . The default is 0 . means if the numbers 0 then vray pengaturanya adjust itself . more details can be checked on this link http://help.chaosgroup.com/vray/help/200R1/render_params_system.htm
3. CAMERA
a. Type pastikan anda menggunakan still camera untuk merender objek. karena memang defaultnya seperti ini. penjelasan lebih detailnya bisa di buka di http://help.chaosgroup.com/vray/help/150SP1/vrayphysicalcamera_params.htm
Type make sure you use a still camera to render the object . because it defaults to like this . more detailed explanation can be open at http://help.chaosgroup.com/vray/help/150SP1/vrayphysicalcamera_params.htm
b. Shutter speed disini saya mengecilkan standart dari SS. Defaultnya adalah 200 disini saya mengecilkan menjadi 150. efeknya seperti ini semakin kecil gambar semakin terang dan jika semakin
Shutter speed here I turn down the standards of the SS . The default is 200 here I turn down to 150. This effect is like the smaller picture is getting brighter and if the greater the number the darker the image .
c. F-number disini defaultnya adalah 8 tapi saya menggunakan 3.5. efeknya seperti ini semakin kecil nilainya semakin terang hasil render dan semakin besar nilainya maka semakin gelap gambarnya. bisa berguna juga untuk memainkan DOF
F -number here the default is 8 but I use 3.5. The effect is like the smaller the value , the brighter the rendering results and the greater the value, the darker the picture . can be useful also to play DOF
d. ISO standartnya adalah 100. disini saya gunakan 40. efeknya semakin kecil angkanya maka gambar semakin gelap dan semakin sedikit noise. dan jika semakin besar gambar akan semakin terang tapi banyak noise
iso standard is 100. I use 40 for value. I used the effect the lower the number the darker the image and the less noise . and if the bigger picture will be brighter but a lot of noise
Pengaturan Camera disini sama seperti pengaturan camera pada kamera digital seperti SLR atau DSLR jadi buat yang sudah mengerti pengaturan kameran digital makan tidak akan jauh berbeda aplikasinya
Camera settings here are similar to the camera on such digital SLR camera or a DSLR so make it already understands the cameras settings digital meal will not be much different application
4. ENVIROMENT
a. GI ( Skylight ) Adalah pengaturan dari intensitas cahaya matahari semakin besar maka semakin terang begitu pula sebaliknya
GI ( Skylight ) The arrangement of the light intensity the greater the more light and vice versa
b. Reflection ( Background ) adalah cahaya dari background misal menggunakan HDRI maka itu untuk mengatur intensitas dari background / gambar itu.semakin besar makaakan semakin terang begitu juga sebaliknya
Reflection ( Background) is the light of the background eg using HDRI then was to adjust the intensity of background / drawings. the greater it will be even brighter and vice versa
Untuk pengaturan lainnya yaitu di texsky yaitu
1. size. untuk mengatur seberapa besar size dari matahari itu
2. sky model untuk mengatur mau seperti apa sky yang kita inginkan
3. turbidity mengatur debu dalam matahari semakin besar semakin berbedu begitu juga sebaliknya
4. ozone mengatur warna langit semakin Besar nilainya warna langit semakin biru . semakin Kecil langitnya semakin menguning
5. Bias 0.0 adalah defaultnya untuk mendapatkan bayangan dari matahari yang tidak terlalu kaku dan agak sedikit smoth maka perbesarlah nilai biasnya nilai maksimal adalah 1 disini saya gunakan 0.9
6. subdiv shadow berguna intuk mengatur subdiv dari bayangan untuk menghasilkan bayangan yang bersih tanpa noise naikan lah nilai dari subdiv disini saya gunakan subdiv 16
For other arrangements are in texsky ie
1. size . to regulate how much the size of the sun
2. sky models to set the sky like what we wanted
3. turbidity regulate dust in the sun the greater the dusty and vice versa
4. ozone set the value of the color of the sky is getting more and more blue sky . Small growing increasingly yellow sky
5. Bias 0.0 is the default to get shade from the sun is not too stiff and a little bit smoth the view was the value of the bias is the maximum value is 1 here I am using 0.9
6. Subdiv useful to set Subdiv shadow of a shadow to produce a clean image without noise Rev was the value of Subdiv here I use Subdiv 165. DMC Sampler
a. Noise Treshold angka defaultnya adalah 0.01 disini saya gunakan nilai yang lebih kecil untuk mengurangi noise pada renderan yaitu 0.001 sebaiknya nilainnya jangan terlalu kecil karena berpengaruh juga terhadapa kecepatan dalam merender.
Noise Threshold default is 0.01 here I use a smaller value to reduce noise in render that 0.001 should not be too small because nilainnya also affect the speed of rendering .
6. COLOR MAPPING
a. Type Disini saya gunakan reinhard. penjelasan lebih detail bisa klik link dibawah ini :
http://help.chaosgroup.com/vray/help/150SP1/render_params_colormapping.htm
Type Here I use reinhard . more detailed explanation can click the link below:
http://help.chaosgroup.com/vray/help/150SP1/render_params_colormapping.htm
7. OUTPUT
Disini saya gunakan nilai yang lebih besar dari defaultnya yang 800 x 600 disini saya gunakan nilai 1024 x 768 sebaiknya jangan gunakan resolusi yang besar karena itu akan membuat render menjadi lama sebaiknya perhatikan dulu spek kompi.. biasanya saya menggunakan resolusi yang kecil untuk tes lighting dan material dan baru pada final render menggunakan resolusi yang besar untuk menghemat waktu dalam bekerja :)
Here I use a larger value than the default 800 x 600 here I use the value of 1024 x 768 you should not use a resolution that is great because it will make the rendering into long you should first consider the company spec .. I usually use a small resolution to test lighting and new materials and the final rendering using large resolution to save time in work :)
8. INDIRECT ILUMINATION
a. Ambient Oclusion
Disini berfungsi untuk mengatur sisi sisi yang berdekatan menjadi sedikit gelap untuk selanjutnya bisa di klik di link di bawah ini
Here serves to regulate the adjacent sides to be a bit dark for the next can click on the link below
http://help.chaosgroup.com/vray/help/150SP1/vraydirt_params.htm
9. IRRADIANCE MAP
a. Min Rate defaultnya adalah -3 disini saya gunakan angka -2 semakin besar angkanya maka titik titik dalam prepass semakin kecil begitu juga sebaliknya
b. Max Rate defaultnya adalah -2 disini saya gunakan -1 keterangannya sama semakin besar maka titik semakin kecil begitu juga sebaliknya
a. Min Rate default is -3 -2 I used the figure the greater the figure then the points in PrePass getting smaller and vice versa
b . Max Rate defaults -2 -1 I used the same statement the greater then the point is getting smaller and vice versa
Note : The further the gap between min and max then PrePass will be many more . eg -3 and -2 min then there will only be two PrePass only and -3 and -1 if there will be three PrePass so on
c. Hsph Subdiv semakin besar angkanya maka semakin bening gambarnya defaultnya adalah 50 disini saya gunakan 150 ini juga berfungsi untuk mengatur noise seperti Blotchy dalam render. Blotchy adalah bintik bintik putih seperti macan tutul dalam render. biasanya jika ada blotchy maka perbesarlah nilai ini
HSPH Subdiv the greater the number , the more clear the picture default is 50 I used the 150 also serves to regulate noise like Blotchy in the rendering . Blotchy spots are white spots like a leopard in the rendering . usually if there blotchy then Raise this value
d. Interp. Samples
Nilai semakin besar maka semakin baik hasil rendernya
Untuk penjelasan lebih lanjut dari IRRADIANCE MAP bisa dilihat di link dibawah ini
http://help.chaosgroup.com/vray/help/150SP1/render_params_advancedimap.htm
The larger the value , the better the results of its rendering For further explanation of the Irradiance map can be viewed at the link below http://help.chaosgroup.com/vray/help/150SP1/render_params_advancedimap.htm
10. LIGHT CACHE
a. Subdiv Defaultnya adalah 800 semakin besar nilai subdiv maka gambar akan semakin bening dan smooth.
Penjelasan lebih lanjut ada di link bawah ini :
Subdiv default is 800 greater the value Subdiv then the picture will be more clear and smooth .
Further explanation on the link below :http://help.chaosgroup.com/vray/help/150SP1/render_params_lightmap.htm
Jika ada pertanyaan, kritik, saran dan request tutorial kirim saja ke email saya
If you any question, Suggest, Tutorial Request send you email Here :)
Keren mastah
ReplyDeleteada yg blm ditranslate, hehehe
ReplyDeleteterima kasih om