TexNoise For Texture Wall


Hello guys. kali ini saya ingin menulis tutorial bagaimana membuat dinding lebih menarik dengan menambahkan texture sehingga dinding tidak terlihat polos begitu saja. Karena jika kita menggunakan setinggan default maka dinding akan terlihat polos tanpa ada texture bump. Karena pada aslinya texture dinding itu memang sedikit kasar hanya pada sudut dan jarak tertentu tingkat ke kasarannya itu tidak bisa terlihat dengan sempurna.

Disini saya menggunakan software Sketchup 2015 dan vray 2.00 disini saya menggunakan tex noise untuk membuat texture pada dinding.


Hello guys . This time I wanted to write a tutorial on how to make the walls more interesting by adding texture so that the walls do not look plain granted. Because if we use the default settings , the wall will look plain without any bump texture . Because the original texture of the wall was a little rough only at a certain angle and distance to the ballpark that level can not be seen perfectly .  Here I use the software Sketchup 2015 and vray 2:00 tex here I use noise to create texture on the wall.


Untuk scene saya membuat sembarang menggunakan scene ini, disini saya menggunakan dinding putih dengan kode RGB 193.193.193 agak sedikit abu abu agar jika di render putihnya tidak over bright. 

For a scene I make any use of this scene , here I am using a white wall with RGB code 193 193 193 bit gray so if rendering is not over bright white

Disini saya menamainya Putih tembok. Caranya bisa dilihat dibawah ini.
1. Ceklis bump dan klik M

Here I named White walls . It can be seen below. 
1. Checklist bump and click M



2. Lalu pilih TexNoise dan point point yang diatur adalah dibawah ini. 
        Type : Saya gunakan perlin
        Size : Saya ganti menjadi 0,4 semakin kecil angkanya maka semakin kecil pula bintik bintik                         yang akan ada. Begitu pula sebaliknya jika semakin besar angkanya maka semakin besar                     pula bintik bintik yang akan ada
        Amplitude : Saya gunakan nilai 3. 


2. Then select TexNoise and points into the set is below.         Type : I use Perlin         Size : I change it to 0.4 the lower the number , the smaller the grain will also spots exist . And vice versa if the larger the number the greater the freckle spots that will be 
        Amplitude : I use a value of 3 .i 3. 



Dan hasilnya seperti dibawah ini 

And as shown below 




Nilai bisa diatur sesuai dengan kemauan sendiri. Tex noise ini biasa saya gunakan juga untuk membuat sebuah benda yang permukaannya kasar. seperti rumput. Beludru dll. TexNoise ini juga bisa digabungkan dengan text dirt untuk memberikan efek kotor dan bisa di gabungkan dengan TexBlend untuk menggabungkan dua material sekaligus. 

Values ​​can be set according to their own accord. Tex this noise I normally use is also to create a rough surface objects . like grass . Velvet etc . TexNoise can also be combined with text dirt to give the effect of a dirty and could be in combination with TexBlend to combine the two materials simultaneously .


Jika ada pertanyaan, kritik, saran dan request tutorial kirim saja ke email saya 

If you any question, Suggest, Tutorial Request send you email  Here :) 


Comments

  1. Untuk dinding dengan material gloss atau semi gloss, bagaimana setting refleksinya? Thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masuk ke menu editor material vray-Select material dinding kita kemudian klik kanan - Create layer - Reflection kemuadian pada tab Glossine ganti highigth 0,7 Reflect ganti dengan 0,65 subdiv ganti 24

      Delete
  2. Untuk dinding dengan material gloss atau semi gloss, bagaimana setting refleksinya? Thanks.

    ReplyDelete
  3. Kenapa kalo antara dinding dan flafond, selalu ada bayang hitam? padahal menyatu/rapat. Saya sama pake sketchup 2015 n vray 2.0

    ReplyDelete

Post a Comment