Hello guys kali ini saya akan membahas tentang apa itu Vray Channel. Mungkin masih ada beberapa kawan yang belum pernah mencoba fungsi dari Vray channel ini, atau bahhkan belum tau apa itu vray channel. Mungkin sedikit saya sederhanakan saja apa sih secara garis besarnya Vray channel atau kadang sering disebut pula vray render element (VFB Channel - di Sketchup )
Saya mencoba menjelaskan dari apa yang saya pahami, VFB(Channel)- Atau nanti kita sebut Vray Channel adalah salah satu elemen yang dihasilkan dari output render. Yang mana setiap elemen ini memiliki informasi yang berbeda beda dan tidak sama antara satu dengan yang lainnya.
Penggunaan vray channel ini biasa di lakukan pada proses post processing atau biasa di gunakan pada software Photoshop dan sejenis. Kenapa..??? Karna pada dasarnya untuk menyatukan vray channel yang memiliki informasi yang berberda beda itu dilakukan dengan proses mixing. Yang mana process mixing ini dilakukan dengan software tambahan diluar Sketchup dan Vray.
Para profesional biasa menggunakan Vray Channel ini untuk menghasilkan output render yang lebih realistic dan lebih kaya. Pada dasarnya ada beberapa channel yang biasa saya gunakan, Seperti Contoh dibawah ini.
RAW RENDER
Raw render adalah pilihan default yang sudah secara otomatis ada dalam output render. Channel ini berisi tentang output render secara general.
RAW GI
Raw GI ( Global Illumination ) menyimpan informasi tentang Global Illumination yang di gunakan dalam setinggan. Channel ini saya gunakan biasanya untuk mengatur tentang pencahayaan alami yang di hasilkan dari lighting Sketchup.
RAW LIGHT
Seperti namanya Raw Light menyimpan informasi tentang Lighting. Yang saya pahami disini hanya menyimpang informasi lighting dari Vray Light baik IES, Rectangle Light, Omni, Spotlight, Domelight. Dan tidak menyimpan informasi dari GI ataupun Emissive.
RAW SHADOW
Raw Shadow memiliki informasi tentang shadow ( Bayangan ) yang dihasilkan pada scene tertentu. Channel ini saya gunakan untuk menghasilkan bayangan yang lebih jelas dan smooth pada proses Mixing di Photoshop.
SELF ILLUMINATION
Self Illumination memilik informasi tentang pencahayaan dari Emmisive dan Lighting dari Background. ( HDRI maupun Vray SKY ). Ini berfungsi pada proses mixing jika ingin mengatur tingkat Brightness maupun Kontras ( Background / Emissive ) secara manual di Photoshop.
RAW REFLECTION
Raw Reflection Menyimpan informasi tentang semua material yang menggunakan refleksi di settingan yang anda gunakan.
RAW REFRACTION
Raw Refraction menyimpan informasi tentang material material yang menggunakan Refraction di setinggan anda.
MATERIAL ID
Material ID digunakan pada photoshop untuk mempermudah seleksi material yang sama pada scene. sehingga kita dapat dengan cepat mengedit material yang di inginkan.
SAMPLE RATE
Sample Rate memberikan informasi tentang daerah mana dalam scene anda yang masih memiliki " noise " . Merah menandakan bahwa scene anda masih memiliki " noise ". Noise ini bisa dihasilkan dari lighting yang belum pas, maupun settingan material yang juga belum pas. semakin sedikit warna merah berarti semakin sedikit noise di Renderan.
------
Gambar diatas adalah beberapa contoh Vray channel yang sering saya gunakan Untuk fungsi detail lebih lengkap tentang vray channel bisa di klik disini Dan sebagai perbandingannya akan saya berikan image sebelum mixing dan sesudah proses mixing di photoshop
Image Sebelum Proses Mixing
Image Sesudah Proses Mixing
Mungkin sekian yang bisa saya jelaskan jika masih ada yang bingung, atau ingin menyampaikan saran, kritik dll silahkan saja koment dibawah postingan ini atau langsung menghubungi saya lewat Facebook. Sekian dan terima kasih Salam Visualizer Indonesia. :) :) :)
Bang, pada hasil rendering di atas untuk pencahayaan Dr luar nya menggunakan apa? Vray sun atau hdri?
ReplyDeleteKarena sering saya mencoba Menggunakan vray sun tp hasil shadow nya tidak smooth,
Pencerahan nya bang ��